Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) berencana membangun kawasan wisata pesisir di sekitar kaki jembatan Suramadu sisi Madura, tepatnya di Desa Sukolilo Barat, Kecamatan Labang, Bangkalan.

“BPWS bakal membangun kawasan wisata pesisir pada 2012 mendatang,” kata Humas BPWS, Faisal Yasir, usai sosialisasi pembangunan “rest area” dan kawasan wisata pesisir di gedung PKP-RI Bangkalan,

Untuk memicu pertumbuhan ekonomi di Madura, sambung Faisal, pemerintah berupaya memfasilitasi dan menstimulasi pengembangan wilayah Suramadu. Salah satunya dengan membangun kawasan wisata pesisir.

“Dengan dibangunnya kawasan wisata pesisir dapat menarik investor dan daya tarik wilayah Suramadu. Serta sebagai gerbang penerima dari Surabaya menuju Madura,” ucapnya.

Menurut Faisal, pembangunan kawasan wisata pesisir juga dapat mendorong pengembangan sektor pariwisata kabupaten Bangkalan dan pemicu pertumbuhan ekonomi di Madura.

“Fasiltas yang ada di dalam kawasan wisata pesisir meliputi arena karapan sapi, cagar budaya, museum, masjid sejarah, kuburan tua, pasar seni dan oleh-oleh/kerajinan serta gedung serbaguna,” paparnya.

Faisal menambahkan, sesuai dengan peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 11 Tahun 2006, pembangunan kawasan wisata pesisir yang rencananya di Desa Sukolilo Barat ini akan dilengkapi studi analisa mengenai dampak lingkungan (AMDAL).

“Tujuan dari AMDAL sendiri untuk memberikan informasi tentang pembangunan,” katanya, menjelaskan.

Adapun luas lahan yang dibutuhkan mencapai 20,7 hektare. Lahan terbangun untuk fasilitas wisata pesisir sekitar 159.000 meter persegi dan ruang terbuka hijau (RTH) 48.000 meter.

sumber : antara jatim