Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Nasional Ulama’ (PKNU) kabupaten Bangkalan, Madura, untuk menghadapi bursa pencalonan Bupati dan Wakil bupati Bangkalan pada Pemilu kada tahun 2012 mendatang, Rabu (5/10/2011), mendeklarasikan kader terbaiknya untuk maju menjadi bakal calon bupati (Bacabup), yakni KH. Imam Buchori Cholil, sementara untuk menjadi bakal calon wakilnya belum ditetapkan namun sudah menjaring delapan nama.

“Berdasarkan hasil rapat pleno dan rapim yang di ikuti DPC dan DPAC PKNU se kabupaten Bangkalan, memutuskan dan menetapkan dengan akan memberangkatkan kader terbaik PKNU untuk mencalonkan sebagai calon Bupati Bangkalan pada Pemilukada tahun 2012 mendatang yakni KH. Imam Buchori Cholil,” ungkap Ahcmad Ali Rido, ketua dewan syura DPC PKUN Bangalan, Rabu (5/10/2011).

Ali Rido menjelaskan, PKNU juga sudah melakukan konsulidasi baik sifatnya eksternal maupun di internal dengan partai-partai lain, sehingga bisa dipastikan secara politik lebih dari cukup untuk memberangkatkan pasangan calon bupati dan bakal calon wakil bupati pireode 2013 – 2018.

“Ada beberapa partai yang sudah menikah Sirri dengan kami diantaranya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan juga partai-partai lain namun tidak bisa disebutkan untuk demi keamanannya, sehingga ke depan kami bersama mitra koalisi akan melakukan kesepakatan-kesepatan untuk menetapkan bakal calon wakil bupati sebagai pasangan dari colon Bupati,” terangnya.

Menurut Ali Rido, berdasarakan penjajakan dan masukan dari pemuda, tokoh-tokoh maupun masukan di internnal PKNU sendiri untuk nama-nama yang diusulkan untuk menjadi pasangan bakal calon wakli bupati di tetapkan ada delapan orang untuk dipertimbangkan.

“Delapan orang tersebut diantaranya, Imrom Rosyadi (Anggota DPRD Bangkalan), Zainal Alim (Ketua DPC PPP Bangkalan), Saleh Farhat (Ketua Gapeknas Bangkalan), Ismail Muzaki (Ketua DPC Partai Demokrat Bangkalan), Matur Husairi (Aktifis Pro Demokrasi), dr Hamid (Dokter Spesiali), Ahmad Ali Rido’ (Ketua Dewan Syura PKNU Bangkalan) dan Ha’I (Ketau DCP PKPB Bangkalan,” pungkasnya