Sebanyak 450 Jamaah Haji Asal Bangkalan yang tergabung dalam kloter pertama akan selesai menjalankan ibadah haji pada Jumat (11/11) pekan ini dan tiba di tanah air pada, Sabtu (12/11) di embarkasi Surabaya.

“Nantinya mereka akan dipulangkan Jumat pukul 23:25 waktu Jeddah melalui bandara King Abdul Aziz Jeddah. Dan akan sampai di Bandara Juanda Surabaya pada Sabtu ini,” ujar Humas PPIH Embarkasi Surabaya, Rabu (09/11).

Setelah kloter pertama datang selanjutnya kemudian kloter kedua akan tiba di Surabaya pada Minggu (13/11) pukul 04.00 WIB. “Sementara kloter terakhir yaitu kloter 92 dijadwalkan akan tiba di di Bandara Juanda pada 12 Desember,” terangnya.

Ia menambahkan saat tiba di Bandara Juanda Surabaya, para jamaah haji akan kembali menuju Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) untuk dilihat kelengkapannya lagi. “Kemudian mereka diantarkan ke daerah asal,”terangnya.

Sementara itu untuk jamaah meninggal ia mengatakan hari ini ada sebanyak 33 jamaah haji asal embarkasi Surabaya meninggal dunia. Menurutnya yang mengherankan mayoritas jamaah haji yang meninggal dunia adalah jamaah haji yang tidak masuk dalam kategori resiko tinggi (Resti). “Yang meninggal di tanah suci sebanyak 33 jamaah haji,” ujarnya.

Menurutnya, ada sekitar 15 jamaah haji yang meninggal dunia di tanah suci berumur di bawah 60 tahun. “Bahkan ada yang meninggal tanpa ada catatatan riwayat penyakit. Mungkin karena kecapekan, atau istilahnya kena angin duduk,” katanya.

Penyebab kematian jamaah haji yang paling banyak adalah gangguan sistem sirkulasi darah. Sebab lain adalah gangguan sistem pernapasan dan penyakit endokrin nutrisi dan metal. Jamaah haji yang paling banyak meninggal adalah dengan jenis kelamin pria. “Puluhan jamaah haji juga banyak yang terserang diare,” terangnya

sumber : suara kawan