Selama operasi Zebra berlangsung satuan polisi lalu lintas (Satlantas) polres Bangkalan yang digelar mulai 28 November hingga Hari ini Kamis (1/12/2011), sudah berhasil menindak 400 pelanggar. ”Jadwal operasi Zebra ini mulai 28 November hingga 11 Desember mendatang dan hingga sekarang sidag ada sekitar 400 pelanggar yang ditindak,” terang AKP Noerijanto. Kasat Lantas Polres Bangkalan, Kamis 01 Desember 2011.

Dijelaskan Noerijanto, sasaran utama dalam operasi zebra tersebut meliputi sesuatu yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas.dan sasaran kedua adalah dominan penyebab kemacetan dan terakhir pelanggaran yang lain seperti tidak membawa kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor seperti STNK.

”Tujuan dari operasi zebra ini agar masyarakat patuh terhadap aturan lalu lintas. Apabila masyarakat sudah patuh pada rambu-rambu lalu lintas, maka kecelakaan lalu lintas bisa ditekan seminimal mungkin,” tandasnya.

Menurut Noerijanto, selain menggelar operasi zebra dalam menekan angka laka lantas, pihaknya juga telah melakukan penyuluhan akan tertib berlalu lintas di sekolah, terminal dan pelabuhan.

”Setelah operasi zebra, nanti akan dilanjutkan dengan operasi lilin. Adapun yang menjadi TO (target operasi) dalam operasi zebra lokasinya berpindah-pindah,” pungkasnya.

sumber : seruu