Sebanyak 200 anggota Polres Bangkalan, menjalani tes urine bareng-bareng di ruang serbaguna polres setempat, Senin (19/12/2011).

Wakapolres Bangkalan Kompol Ikhwanuddin menjelaskan, anggota yang tes urine berasal dari jajaran polsek, masing-masing lima orang. Adapun jumlah polsek yang ada di Bangkalan sebanyak 17 polsek, kemudian ditambah anggota Polres Bangkalan. “Untuk saat ini, hasilnya masih belum diketahui. Sebab, yang melakukan pengecekan dari Polda,” ujarnya.

Menurut Ikhwan, jika nanti hasil tes urine ada yang positif menggunakan narkoba, maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Hal ini dilakukan, sebab hukum tidak hanya berlaku bagi masyarakat yang bersalah, tapi anggota polisi yang terbukti melanggar akan ditindak tegas.

Bahkan, hukuman bagi anggota polisi yang melanggar akan diproses dua kali. Yakni diproses hukum sipil, juga diproses di internal korps Polri. Ikhwan mengakui, ada anggota Polres Bangkalan yang belum lama ini tertangkap petugas mengonsumsi narkoba, dan kini telah diproses hukum. “Ini kejadiannya tiga bulan lalu, dalam waktu dekat akan digelar sidang disiplin di sini,” paparnya.

sumber : antarajatim