Aparat kepolisian menjaga ketat Jembatan Suramadu pada malam Tahun Baru 2012 untuk menghindari penumpukan massa di atas jembatan.

“Pada saat malam pergantian tahun, Jembatan Suramadu menjadi titik paling rawan. Sebab diperkirakan ribuan massa memadatinya,” ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Coki Manurung, Kamis.

Selain menyiagakan puluhan aparat, pihaknya juga berkoordinasi dengan Badan Pengelola Wilayah Suramadu (BPWS), Polres Bangkalan dan Satpol PP.

Bahkan Polisi Jalan Raya (PJR) akan ditempatkan di atas jembatan dan melakukan penjagaan di setiap 100 meter. Di samping untuk mengatur lalu lintas, juga untuk menghalau pengendara yang berhenti di tengah jembatan sepanjang 5,4 kilometer tersebut.

“Bukan tidak mungkin akan banyak pengendara yang berhenti di jembatan, khususnya di daerah bentang tengah. Ini yang kami waspadai,” papar mantan Direktur Narkoba Polda Jatim itu.

Selain berkonsentrasi di atas jembatan, pihaknya juga berharap tidak ada acara hiburan di area sekitar Suramadu, khususnya yang berada di sisi Surabaya.

Hal itu tentunya hasil evaluasi tahun lalu, yang pada malam tahun kepadatan arus lalu lintas di kawasan tersebut meluber hingga ke jembatan, sehingga mengakibatkan kemacetan.

sumber : republika