Sebuah gedung sekolah dasar negeri di Bangkalan, Rabu, ambruk akibat tertimpa pohon tumbang.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika, di Bangkalan, Rabu menjelaskan, gedung SD negeri yang ambruk itu berada di Desa Separah, Kecamatan Galis. “Sekolah itu ambruk karena tertimpa pohon randu raksasa,” kata Bambang.

Akibat adanya peristiwa tersebut, pihak sekolah meliburkan siswa selama satu hari. Sebab, pihak sekolah sedang memotong pohon randu yang menimpa atap gedung SD itu. Bambang mengatakan, pohon randu yang roboh karena terkena angin menimpa dua ruang kelas di SDN Separah I.

“Pohon randu roboh lalu menimpa ruang kelas dua dan tiga. Beruntung, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa karena proses kegiatan belajar (KBM) sudah selesai,” terang Bambang.

Menurut dia, dua ruang kelas yang tertimpa pohon tidak bisa dipakai sebelum diperbaiki. Sebab, atap dua ruang kelas rusak parah. Jika dipaksakan dipakai, akan membahayakan siswa. “Makanya hari ini siswa diliburkan karena pohon randu yang menimpa gedung sekolah harus dibersihkan dengan cara dipotong,” ucapnya.

Bambang menjelaskan, pihaknya akan melaporkan kejadian itu pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat agar mendapat bantuan. Sebab, kejadian ini diakibatkan bencana yakni angin kencang.

“Mudah-mudahan masuk dalam katagori bencana. Jika tidak masuk dalam kategori bencana, maka kami akan menganggarkan rehab lewat dana alokasi khusus (DAK) tahun 2012,” katanya.

sumber : republika