Dari jumlah total 6.904 peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMA Sederajat di Kabupaten Bangkalan tahun 2012, sebanyak satu peserta dinyatakan tidak lulus. Sebab, nilai dari salah satu mata pelajaran dalam UN ada yang merah. “Nilai merah itu didapatkan siswa Inesial “MD” untuk mata pelajaran kejuruan yang merupakan siswa SMK di kecamatan Kwanyar ,” terang Moh Kamil, Kepala Bidang SMA dan sederajat Dinas Pendidikan Bangkalan. Jum’at (25/5/2012).

Dijelaskan Kamil, Ujian mata pelajaran kejuruan khusus siswa SMK. Mata pelajaran pokok diujikan satu bulan sebelum pelaksanaan UN. Kemudian hasil pekerjaan soalnya dikirim ke pusat untuk dinilai. Setelah itu digabungkan dengan hasil UN.

“Tahun ini ada 4.914 orang siswa SMA yang mengikuti UN, sedangkan untuk SMK 1.962 orang siswa, hanya 1 Siswa SMK yang tidak lulus. Untuk tingkat MA kami masih belum menerima laporan hasil rekapannya,” ujarnya.

Kamil menambahkan, untuk menghindari kerumunan siswa di sekolah agar siswa yang tidak lulus tidak malu kepada temannya. Begitu juga dengan siswa yang dinyatakan lulus agar tidak berkonvoi dan corat-coret seragamnya pihaknya meminta sekolah pengumuman ke lulusan melalui via pos dengan di antar ke rumah siswa.

“Kami sudah berkordinasi dengan semua pihak dengan sekolah, terdapat beberapa model pemberitahuan kelulusan, salah satunya dikirimkan ke rumah masing-masing siswa melalui via pos dan juga ada sekolah dengan menggelar istighasah sebelum di umumkan,”  pungkasnya

sumber : seruu